Senin, 26 Maret 2012

banyak tidur kurang baik untuk kesehatan

Banyak tidur kurang baik untuk kesehatan ,Kenapa banyak tidur kurang sehat ?

tidurBanyak tidur gak sehat juga , jadi istirahatlah secukupnya dan dalam porsi yang tepat supaya kita tetap sehat dan bugar , serta perhatikan pola makan dan hidup sehat.Berikut ini beberapa dampak negatif apabila kita terlalu banyak tidur . Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok tubuh manusia untuk memperbaiki fungsi organ dan masa pertumbuhan. Banyak para ahli yang berpendapat jika kurang tidur dapa membahayakan kesehatan, seperti mengakibatkan penyakit diabetes ataupun darah tinggi tetapi tidur terlalu banyak juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Simak artikel berikut ini mengenai dampak negatif tidur terlalu banyak. Sebaiknya untuk mencegah terjadinya dampak negatif tidur terlalu banyak maupun kurang tidur adalah dengan selalu menjaga serta mempertahankan jadwal waktu tidur dan bangun pagi setiap hari. Penelitian menunjukkan tidur lebih dari 6 hingga 8 jam dapat menurunkan harapan hidup orang dewasa sebesar 17 persen dan jika tidur terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes, hipertensi, migrain, dan meningkatnya risiko penyakit jantung.
Berikut beberapa dampak negatif tidur terlalu banyak :
1. Gangguan kardiovaskular
Sebuah studi yang dilakukan Warwick Medical School pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.
Dalam studi tersebut, peneliti mengatakan orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam, maka ia 2 kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang yang rutin tidur 7 jam setiap malam.
2. Diabetes
Kurang tidur diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal yang sama terjadi juga terjadi pada orang yang terlalu banyak tidur. Orang yang tidur lebih dari 9 jam setuap malam, memiliki 50 persen risiko lebih besar menderita diabetes.
Ilmuwan tidak tahu pasti mengapa risiko diabetes menjadi lebih tinggi, tetapi dapat menunjukkan indikasi masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan diabetes dan menyebabkan tidur berlebihan.
3. Sering pusing
Orang yang terlalu banyak tidur sering merasa pusing dan mengantuk di siang hari, yang biasanya terjadi ketika kebanyakan tidur di akhir pekan sehingga menyebabkan gangguan pola tidur normal di hari kerja. Selain pusing, kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala dan nyeri punggung.
4. Depresi
Dampak negatif tidur terlalu banyak lainnya adalah peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi. Orang yang depresi mungkin merasa ingin lebih banyak tidur, namun pada gilirannya tidur berlebihan dapat memperburuk depresi.
Hal yang sama juga berlaku pada orang yang menderita sakit punggung kronis dan sakit kepala. Orang yang mengalami kondisi terburuk mungkin ingin lebih banyak beristirahat dengan tidur, tapi jika dilakukan berlebihan, tidur justru dapat membuat kondisi semakin parah.
5. Obesitas
Tidur terlalu lama juga dapat membuat berat badan Anda berlebihan. Sebuah riset menunjukan mereka yang tidur selama sembilan hingga 10 jam setiap malam 21 persen berisiko lebih besar mengalami obesitas dalam kurun waktu enam tahun ketimbang mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam.
6. Sakit punggung
Ada kalanya dokter menyarankan Anda untuk lebih rebahan di tempat tidur bila ada keluhan sakit punggung . Anda juga perlu membatasi program latihan ketika mengalami sakit punggung sehingga saran ini tentu membuat waktu tidur menjadi bertambah. Namun para dokter sekarang telah menyadari pentingnya mempertahankan level aktivitas bagi kesehatan. Mereka bahkan merekomendasi untuk menghindari tidur lebih lama dari biasanya jika memungkinkan.
7. Kematian
Banyak riset mengungkapkan bahwa mereka yang tidur sembilan jam atau lebih di malam hari secara signifikan memiliki rata-rata kematian lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam. Tidak ada alasan spesifik dari hubungan ini, namun peneliti menemukan bahwa depresi dan rendahnya status sosial ekonomi berkaitan dengan tidur yang lebih lama. Mereka berspekulasi faktor-faktor ini berkaitan dengan peningkatan angka mortalitas pada orang yang tidur terlalu lama.
Tidur terlalu sedikit ataupun tidur terlalu banyak dapat mengakibatkan berbagai macam masalah dalam kesehatan. Untuk itu, aturlah diri anda untuk membiasakan lama waktu untuk kebutuhan tidur setiap hari agar tidak terkena dampak negatif tidur terlalu banyak seperti yang telah disebutkan diatas. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas tidur anda hindari penggunaan kafein dan alkohol sebelum tidur, berolahragalah secara teratur serta hindari makanan cepat saji.
Sudah terjawab bukan Why Banyak Tidur Gak Sehat ?
kenapa banyak tidur kurang sehat ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...